Perjanjian Kerja Waktu Tertentu dalam Dunia Kerja

22 12 2010

Dunia tenaga kerja adalah dunia yang penuh dengan pergolakan karena hal ini sangat berhubungan dengan mata pencaharian hidup dan kelangsungan hidup pekerja dan keluarganya, termasuk juga kelangsungan hidup perusahaan/badan usaha.

Hubungan kerja antara pengusaha dengan pekerja/buruh didasarkan atas PERJANJIAN KERJA yang mempunyai unsur pekerjaan, upah, dan perintah. Perjanjian kerja apabila dilihat dari segi waktu lamanya hubungan kerja, dapat dibagi menjadi 2 kategori. Yaitu, Perjanjian Kerja Waktu Tidak Tertentu, dan Perjanjian Kerja Waktu Tertentu.

Perjanjian Kerja Waktu Tidak Tertentu (PKWTT), mempunyai makna bahwa hubungan kerja yang dibangun tersebut, tidak ditentukan kapan berakhirnya. Dalam masyarakat awam, pekerja yang terikat hubungan kerja berdasarkan PKWTT disebut pekerja tetap.

Demikian sebaliknya, Perjanjian Kerja Waktu Tertentu (PKWT), mempunyai makna bahwa hubungan kerja yang dibangun tersebut, sudah ditentukan pada awal kapan berakhirnya. Baik berakhir berdasarkan jangka waktu pekerjaan, atau berakhir ketika suatu pekerjaan tersebut berakhir.

Yang sering menjadi masalah di lapangan adalah sering pekerja yang seharusnya hubungan kerjanya dibangun berdasarkan PKWTT, tetapi justru dibuat berdasarkan PKWT, ketidaktahuan pekerja atas penggolongan PKWT, dll.

Jenis PKWT

Berdasarkan Pasal 56 ayat (2) UU No. 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan, PKWT dibuat atas dasar jangka waktu, dan/atau selesainya suatu pekerjaan tertentu.

  • Pasal 59 ayat (4) UU No. 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan, menyatakan bahwa ” Perjanjian kerja waktu tertentu yang didasarkan atas jangka waktu tertentu dapat diadakan untuk paling lama 2 (dua) tahun dan hanya boleh diperpanjang 1 (satu) kali untuk jangka waktu paling lama 1 (satu) tahun.” ketentuan di atas dengan tegas menyatakan hanya 2 tahun, dan boleh diperpanjang 1 kali untuk 1 tahun. Dengan kata lain, untuk PKWT berdasarkan jangka waktu tertentu maksimal 3 (tiga) tahun. Pengusaha yang hendak memperpanjang PKWT, paling lama 7 hari sebelum berkahirnya perjanjian, harus sudah menyampaikan pemberitahuan maksudnya secara tertulis kepada pekerja. Pengusaha yang akan melakukan PKWT hanya dapat diadakan setelah melebihi masa tenggang waktu 30 (tiga puluh) hari berakhirnya PKWT yang lama, pembaruan PKWT tertentu ini hanya boleh dilakukan 1 (satu) kali dan paling lama 2 (dua) tahun.
  • Pasal 59 ayat (1) UU No. 13 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan menyatakan bahwa ”Perjanjian kerja untuk waktu tertentu hanya dapat dibuat untuk pekerjaan tertentu yang menurut jenis dan sifat atau kegiatan pekerjaannya akan selesai dalam waktu tertentu, yaitu:

 

a. pekerjaan yang sekali selesai atau yang sementara sifatnya;

b. pekerjaan yang diperkirakan penyelesaiannya dalam waktu yang tidak terlalu lama

c. dan paling lama 3 (tiga) tahun;

d. pekerjaan yang bersifat musiman; atau

e. pekerjaan yang berhubungan dengan produk baru, kegiatan baru, atau produk

f. tambahan yang masih dalam percobaan atau penjajakan.”

PKWT tidak dapat diadakan untuk pekerjaan yang bersifat tetap. PKWT dapat diperpanjang atau diperbaharui. Perjanjian kerja untuk waktu tertentu yang tidak memenuhi ketentuan sebagaimana dimaksud di atas, termasuk bekerja berdasarkan PKWT tetapi di sektor pekerjaan di luar ketentuan Pasal 59 ayat (1) di atas demi hukum menjadi perjanjian kerja waktu tidak tertentu. jika hal ini terjadi, maka pekerja tidak dapat diberhentikan dengan alasan kontrak anda habis, dan jika pekerja diPHK, maka pekerja berhak atas hak2 yang seharusnya diterimanya jika ia sebagai pekerja tetap.

Satu lagi mengenai PKWT, Pasal 57 ayat (1) dan (2) UU No. 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan mengatur, ”Perjanjian kerja untuk waktu tertentu dibuat secara tertulis serta harus menggunakan bahasa Indonesia dan huruf latin. Perjanjian kerja untuk waktu tertentu yang dibuat tidak tertulis bertentangan dengan ketentuan sebagaimana dimaksud dalam ayat (1) dinyatakan sebagai perjanjian kerja untuk waktu tidak tertentu.”

Demikian singkat yang bisa saya berikan mengenai Perjanjian Kerja Waktu Tertentu. Semoga dapat bermanfaat. Tuhan Yesus Memberkati.


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: