Hak Asasi Masyarakat akan Lingkungan Hidup Yang baik dan Sehat

8 12 2010

Pada masa globalisasi dan pembangunan saat ini, dapat kita lihat pembangunan berkembang dengan cepat, pabrik, gedung2, perumahan terus bertambah. seiring dengan hal itu banyak lahan hijau yang dikorbankan untuk mencapai pertumbuhan pembangunan yang diharapkan. perlu diketahui oleh setiap anggota masyarakat Indonesia, bahwa  lingkungan hidup yang baik dan sehat merupakan hak asasi setiap warga negara Indonesia sebagaimana diamanatkan dalam Pasal 28H Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Lalu bagaimana apabila lingkungan sekitar kita rusak/tercemar? untuk menjawab pertanyaan itu, kita perlu mengetahui terlebih dahulu pengertian pencemaran lingkungan dan perusakan lingkungan. Pasal 1 angka 14 UU No. 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup menyatakan:

Pencemaran lingkungan hidup adalah masuk atau dimasukkannya makhluk hidup, zat, energi, dan/atau komponen lain ke dalam lingkungan hidup oleh kegiatan manusia sehingga melampaui baku mutu lingkungan hidup yang telah ditetapkan.

Yang perlu diperhatikan untuk pencemaran adalah ada sesuatu komponen yang dimasukkan manusia ke lingkungan hidup. Sedangkan Pasal 1 angka 16-nya menyatakan:

Perusakan lingkungan hidup adalah tindakan orang yang menimbulkan perubahan langsung atau tidak langsung terhadap sifat fisik, kimia, dan/atau hayati lingkungan hidup sehingga melampaui kriteria baku kerusakan lingkungan hidup.

Yang perlu diperhatikan untuk perusakan adalah tindakan orang yang menimbulkan perubahan sehingga melampaui kriteria baku kerusakan.

Penjelasan dan pemaparan tentang Perlindungan Lingkungan Hidup dengan UU nya yang baru (UU No. 32 Tahun 2009) sangat panjang dan luas. karena itu, dalam tulisan saya kali ini, saya hanya fokus memberitahukan kepada masyarakat bahwa setiap Warga Negara punya hak atas lingkungan hidup yang bersih dan sehat. jika ada pencemaran dan/atau perusakan yang dilakukan oleh suatu badan atau pihak, maka pihak yang dirugikan (dalam hal ini yang dibahas hanya masyarakat) dapat melakukan gugatan perdata untuk meminta ganti kerugian dan pemulihan.

Berdasarkan Pasal 87 ayat (1) mengatur Setiap penanggung jawab usaha dan/atau kegiatan yang melakukan perbuatan melanggar hukum berupa pencemaran dan/atau perusakan lingkungan hidup yang menimbulkan kerugian pada orang lain atau lingkungan hidup wajib membayar ganti rugi dan/atau melakukan tindakan tertentu. (jo. 1365 KUHPerdata).

setiap warga negara yang mengalami kerugian akibat pencemaran dan/atau perusakan lingkungan hidup secara melawan hukum, mempunyai hak untuk menggugat pihak tersebut. bagaimana kalau yang menderita kerugian adalah sekelompok masyarakat dengan kesamaan fakta atau peristiwa, dasar hukum, serta jenis tuntutan? apabila hak itu terjadi, maka berdasarkan Pasal 91 UU No. 32 Tahun 2009, kelompok tersebut dapat menunjuk perwakilan untuk melakukan gugatan (dalam kosakata lain sering disebut gugatan class action).

Gugatan juga dapat dilakukan oleh Pemerintah dan Pemerintah Daerah.Selain itu juga dapat dilakukan oleh organisasi lingkungan hidup yang memenuhi standar UU biasanya jika masyarakat tidak ada yang peduli. Selain itu, masyarakat juga dapat melaporkan kepada Polisi apabila ada pihak yang melakukan kejahatan lingkungan hidup sebagimana diatur dalam Bab XV UU No. 32 Tahun 2009.

Karena itu, berdasarkan pemaparan hukum singkat di atas, apabila masyarakat mengalami pencemaran dan/atau perusakan lingkungan hidup, jangan hanya diam. Tuntut hak asasi kita (sesuai Pasal 28 H UUD 1945).

Pembangunan harus tetap berjalan. namun, Lingkungan Hidup yang bersih dan sehat juga perlu berlanjut ke generasi mendatang. karena itu, marilah kita menjaga bersama lingkungan hidup kita, diawali dengan melek hukum dan mengawasi setiap kegiatan yang bersinggungan dengan lingkungan hidup di sekitar kita. Terima Kasih. Tuhan Yesus Memberkati.


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: