Abolisi Kasus Bibit dan Chandra?

17 11 2009

Kasus Bibit dan Chandra yang melibatkan oknum kepolisian dan kejaksaan sudah hampir memuncak. Kasus ini mencoreng nama para penegak hukum di tanah air kita. Menurut Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD, abolisi adalah salah satu alternatif terbaik untuk menyelesaikan masalah ini dan menyelamatkan semua pihak.

Abolisi merupakan hak yang dimiliki Presiden untuk menghentikan pengusutan dan pemeriksaan suatu perkara. Presiden bisa mengeluarkan meski belum ada keputusan dari pengadilan terhadap kasus itu. (sumber: detik.com)

Abolisi yang dilakukan presiden bukanlah bentuk dari intervensi kekuasaan eksekutif tehadap ranah yudikatif karena abolisi adalah hak dari presiden. Presiden bisa menggunakan rekomendasi tim 8 yang sampai saat ini masih menyatakan bahwa kasus bibit dan chandra tidak cukup bukti.

Alternatif ini adalah alternatif yang diusulkan oleh banyak pihak, bahkan ketua mahkamah konstitusi. Indonesia tinggal menunggu gerakan pemerintah dan presiden. Apakah tetap menyerahkan mekanisme ini pada pengadilan, atau mengeluarkan abolisi?


Aksi

Information

2 responses

19 11 2009
gavrila

gila lu sel,, kerenn.. anak hukum banget yaa.. gw ampe pusing bacanya sangking gak ngerti.. hehehehe…. gw uda lama kaga nonton berita… wkwk

22 11 2009
Pasang Iklan

Rekomendasi yang diserahkan oleh TPF kepada presiden SBY hari selasa kemarin merupakan temuan2 tim 8 ketika mendengarkan langsung keterangan2 dari berbagai intitusi yang sekarang sedang kisruh…
dimana pokok dari permasalahan ini adalah tentang kasus Kriminalisasi KPK yang dilakukan oleh 2 institusi negara ini..

ketika tim 8 menyerahkan rekomendasi hasil temuan tersebut, presiden SBY tidak langsung menanggapinya, tatapi presiden memberikan pernyataan bahwa beliau akan mengeluarkan keputusan hari senin besok..
keputusan presiden ini tentunya sangat ditunggu oleh banyak pihak dan kalangan, dan tentu saja masyarakat luas yang sangat ingin tahu apa keputusan presiden SBY ini.

semoga saja keputusan pak SBY nanti bisa menjadikan titik terang akan dibawa kemana jalur Hukum dinegeri kita ini.
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: