Menanti Calon Presiden Yang Peduli Lingkungan

18 05 2009

Planet Bumi merupakan habitat beragam kehidupan, dari tumbuhan, hewan, bahkan manusia. Tetapi habitat itu sedang mendapat ancaman kehancuran yang sangat serius, termasuk di dalamnya habitat bangsa Indonesia, yakni wilayah NKRI. Ancaman itu terjadi seiiring dengan meningkatnya kerusakan alam di dunia, khususnya di Indonesia.

Pemilihan Presiden (Pilpres) 2009 sudah menanti bangsa Indonesia. Masyarakat Indonesia dihadapkan dengan berbagai macam pilihan capres dan cawapresnya. Salah satu hal yang harus menjadi parameter bagi masyarakat untuk memilih calon pemimpin yang baik adalah parameter lingkungan hidup di dalam program capres-cawapres.

Dalam Pasal 6 Undang-undang No. 23 Tahun 1997 tentang Pengelolaan Lingkungan Hidup dikatakan, bahwa yang berkewajiban mencegah dan menanggulangi pencemaran dan perusakan lingkungan hidup adalah setiap orang, tanpa terkecuali.

Berdasarkan ketentuan di atas, maka baik capres dan cawapres yang akan dipilih haruslah merupakan orang yang setia memenuhi kewajibannya, termasuk di dalamnya mencegah, menanggulangi, dan memelihara lingkungan hidup. Capres dan cawapres yang merupakan calon pemimpin bangsa harus menjadi teladan bagi masyarakat Indonesia dalam hal ini seiiring dengan meningkatnya urgensi keselamatan lingkungan hidup.

Menurut UNDP, fakta kerusakan alam di Indonesia sangat mencengangkan. Setiap tahun terjadi kerusakan hutan lebih dari 2,5 juta ha, sementara terumbu karang yang tersisa dalam kategori baik hanya tinggal 6,2 %. Selain itu banyak hewan yang hampir bahkan sudah punah, dan pertumbuhan penduduk Indonesia yang meningkat pesat yang juga meningkatkan tingkat polusi, dan masih banyak lagi kerusakan alam lainnya.

Karena itu masyarakat harus lebih mencermati program-program para capres-cawapres terkait lingkungan hidup. Walaupun kemampuan dalam menyelamatkan lingkungan hidup ini sangat tergantung dari kerja sama dan kemampuan seluruh bangsa Indonesia, tetapi presiden mendatang sangat menentukan jalan atau tidaknya kebijakan di bidang lingkungan hidup.


Aksi

Information

One response

18 05 2009
Tommy

Yoi Gan… Kita perlu bgt milih Calon Presiden yang peduli lingkungan supaya Indonesia dan dunia nisa terjaga kelestariannya.. (pertamax)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: