Kewajiban Orang Yang Meninggal

2 06 2009

death

death

Contoh Kasus:

Eko seorang pemborong bangunan. Ia telah membangun rumah seorang pengusaha. Rumah yang diborongkan pembangunannya kepada Eko itu katanya untuk dikontrakkan. Setelah bangunan rumah selesai dikerjakan, Eko belum sempat menagih pembayarannya, karena ia masih bekerja di lain tempat. Pikirnya, nanti sajalah ditagihnya. Akan tetapi, tiba-tiba pengusaha itu meninggal dunia. Eko pun mencoba menagih pembayaran itu. Tapi, istri mendiang pengusaha itu menyatakan tidak tahu menahu. Eko mencoba menanyakan kepada anaknya, bagaimana nasib tagihannya. Tapi si anak juga mengatakan tidak tahu apa-apa.

PERTANYAAN:

Apakah Eko dapat menuntut kewajiban pembayaran kepada istri atau anaknya itu? Bagaimana cara menyelesaikan persoalan Eko?

PEMBAHASAN:

Dalam prinsip hukum perdata disebutkan bahwa dengan meninggalnya seseorang tidak berarti si ahli waris terbebas dari kewajiban si meninggal semasa hidup, terutama apabila ia meninggalkan harta kekayaan. Dengan demikian, Eko dapat menuntut kewajiban pembayaran itu kepada anaknya sebagai ahli waris si meninggal. Tapi, jika mereka tetap menolak, Eko dapat mengajukan gugatan ke Pengadilan Negeri.

Cuma dalam praktiknya, gugatan terhadap sebagian ahli waris yang menyangkut harta peninggalan tanpa menggugat semua ahli waris, tidak akan diterima oleh Pengadilan Negeri. Karenanya gugatan itu wajib diajukan kepada semua ahli waris.

Jadi, para ahli waris sebagai yang mewarisi hak dan kewajiban ayahnya dapat dituntut untuk membayar tagihan Eko. Kecuali apabila anak-anaknya itu melepaskna seluruh haknya sebagai ahli waris ayahnya. Untuk itu, Eko perlu mencari tahu siapa-siapa saja ahli waris si meninggal itu. Setelah itu, Eko dapat mengajukan gugatan ke Pengadilan Negeri, dengan catatan, jika cara musyawarah tidak dapat menyelesaikan. (sumber: Buku “Hukum Bicara” (Wawan Tunggul Alam, S.H.)

About these ads

Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: